Monday, September 9, 2013

Stan Lee, The Artist


Stan Lee (Stanley Martin Lieber, lahir di New York, 28 Desember 1922; umur 90 tahun) adalah seorang penulis buku komik, editor, penerbit, produser, dan aktor dari Amerika.[1] Stan Lee mulai membuat komik untuk pertama kalinya pada tahun 1941 tentang Captain America # 3.[2] Pada tahun 1960, Stan Lee mendirikan Marvel Comics yang memperkenalkan penokohan lebih lengkap dalam karakter seorang pahlawan yang kuat, sehingga menarik minat orang banyak, khususnya anak-anak.[3] Buku komik ciptaan Stan Lee yang sangat terkenal adalah Fantastic Four (November 1961), Incredible Hulk (Mei 1962) dan Amazing Spiderman dalam komik Amazing Fantasy # 15 (Agustus 1962).[2] Selain itu, Stan Lee juga telah menciptakan banyak komik lainnya seperti X-Men, Avengers, Iron Man, Thor, dan Daredevil.[2]


Itulah secuplik mengenai Stan Lee seperti dikutip dari Wikipedia. 

Saya menyukai karya-karya Stan Lee karena memiliki penokohan yang kuat, setiap tokoh memiliki masa lalu yang kompleks, kepribadian nyata, dan banyak karakter yang terlibat. Bukannya tidak cinta tanah air, ketika dibandingkan dengan Komik buatan lokal sangat jauh, dimana tokoh utama (protagonis) seringkali digambarkan memiliki sifat baik seperti dewa tanpa cela dan tokoh lawannya (antagonis) digambarkan memiliki sifat culas yang selalu dalam 24 jam 7 hari seminggu memikirkan cara mengalahkan si protagonis. Klise kalau orang bilang. Tapi kenyataannya teori tersebut juga diadaptasi dalam Sinetron-sinetron, dimana selalu ada tokoh wanita cantik, kaya, berpengaruh, yang seperti kurang kerjaan selalu menjahati si polos bermuka minim make-up sang protagonis.

Kembali tentang Stan Lee, di awal tahun 2000, Stan Lee memiliki hobi baru dalam muncul sebagai Cameo di film-film adaptasi komiknya. Cameo secara umum berarti kemunculan sekilas seorang/sekelompok nama tenar dalam dunia nyata dalam sebuah karya fiksi berupa film atau acara televisi. Bahkan hobi Stan Lee ini membuat filmnya memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya, yakni menemukan kapan Stan Lee muncul dalam filmnya. Well, it's kind of nerdy things of course.

Bagi yang penasaran, ini lho tampilan Stan Lee sebagai Cameo..


No comments:

Post a Comment