Tuesday, June 23, 2015

Belanja Online, Pilihan Cara Belanja Tanpa Bayar Parkir (Tapi Kena Ongkir)


Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, jadi wajar jika hari raya Islam mempengaruhi bagaimana budaya masyarakat secara keseluruhan, terutama Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Secara kebiasaan di bulan puasa kecenderungan masyarakat untuk berbelanja meningkat, baik itu makanan, pakaian, atau belanja lainnya. Produsen dan pedagang pun memahami hal ini, makanya mereka akan berlomba memberikan promo khusus (arus penawaran) di bulan ini untuk memuaskan niat berbelanja masyarakat (arus permintaan). Tak terkecuali situs berbelanja online atau via internet.


Jual beli online adalah suatu kegiatan jual beli barang dan jasa yang dilakukan melalui media internet. Belanja online pertama kali dilakukan di Inggris pada tahun 1979 oleh Michael Aldrich dari Redifon Computers. Ia menyambungkan televisi berwarna dengan komputer yang mampu memproses transaksi secara realtime melalui sarana kabel telepon. Pada tahun 1992, Charles Stack membuat toko buku daring pertamanya yang bernama Book Stacks Unlimited yang berkembang menjadi Books.com yang kemudian diikuti oleh Jeff Bezos dalam membuat situs web Amazon.com dua tahun kemudian. Pada tahun 1994, Netscape memperkenalkan SSL encryption of data transferred online karena dianggap hal yang paling penting dari belanja daring adalah media untuk transaksi daringnya yang aman dan bebas dari pembobolan. Pada tahun 1996, eBay situs belanja daring lahir dan kemudian berkembang menjadi salah satu situs transaksi daring terbesar hingga saat ini.

Dengan pengguna internet mencapai 70 juta orang di tahun 2015, pasar penjualan melalui media internet di Indonesia menjadi bisnis yang sangat besar dan menggiurkan. Belum lagi rata-rata kemampuan ekonomi pengguna internet lebih tinggi daripada mereka yang tidak menggunakan internet. Jika diperhatikan saat iklan TV, akan dipenuhi oleh iklan situs-situs belanja online  seperti Blibli, OLX, dan Elevania. Perusahaan-perusahaan itu berani mengeluarkan biaya promosi yang besar demi memikat konsumen, padahal mereka semua menawarkan harga yang lebih rendah dari harga di toko atau supermarket.

Saya sendiri memiliki beberapa pengalaman berbelanja di internet yang mungkin bisa membantu bagi pembaca yang mungkin kebingungan memilih berbelanja di mana karena sudah mulai banyaknya pilihan yang tersedia dan gencarnya iklan di TV maupun di internet juga seperti sisipan iklan di situs Facebook. Sebagai catatan, pengalaman saya ini tak bisa dijadikan patokan pasti atau penilaian absolut atas situs yang terkait.

1. Toko Bagus atau sekarang namanya OLX (www.olx.co.id)
OLX merupakan situs jual beli barang bekas dimana OLX hanya berperan sebagai media pertemuan penjual dan pembeli dan tak bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan oleh penjual atau pembeli (seperti halnya Kaskus). Saya lupa dulu belanja apa di OLX, tapi yang jelas belanja saya sukses, malahan sampai saat ini mungkin saya belum pernah ditipu saat berbelanja via internet, sebagian besar karena kehati-hatian dalam memilih penjual. Kelebihan OLX adalah menawarkan barang bekas yang bahkan tak terbayang ada yang menjual, jadi cocok bagi Anda yang benar-benar butuh akan sesuatu. Kelemahannya adalah kepercayaan pada penjual dan ada ongkos kirim (ongkir). Itu sebabnya di iklannya menyarankan pembeli untuk bertemu dengan penjual sebelum deal.

Nilai rekomendasi menurut saya : 6/10
Jenis Belanja Yang Cocok :  Barang bekas pakai (usahakan bukan elektronik), seperti sepeda, gitar.
Pembayaran Kartu Kredit : Tidak Bisa

2. Forum Jual Beli Kaskus (http://fjb.kaskus.co.id/)
Kaskus merupakan forum komunitas online terbesar di Indonesia, dan salah satu yang paling sering dikunjungi adalah Forum Jual Beli (FJB) Kaskus. FJB Kaskus menawarkan berbagai macam produk, termasuk produk hobi yang jarang bisa ditemui di toko seperti Shuriken (pisau lempar asal Jepang) dan novel klasik. Kelebihannya adalah luasnya jenis produk yang ditawarkan, baru ataupun bekas dengan harga yang kompetitif dan bisa ditawar. Di FJB Kaskus saya biasanya membeli seragam/jersey klub sepakbola Eropa. Kekurangannya adalah dikenakan ongkir, serta ada oknum penjual yang tidak bertanggung jawab, jadi pastikan untuk melihat dulu profil penjual, apakah sudah pernah melakukan transaksi sukses sebelumnya.

Nilai rekomendasi menurut saya : 6.5/10
Jenis Belanja Yang Cocok :  Barang-barang custom made, seperti seragam dengan nama sendiri.
Pembayaran Kartu Kredit : Tidak Bisa

3. Bukalapak (https://www.bukalapak.com/)
Bukalapak hanya menjadi media bagi penjual dan pembeli berkumpul, Bukalapak sendiri tak menjual produk. Bedanya dengan Kaskus adalah Bukalapak menjamin uang pembeli. Jika  barang tak sampai ke pembeli, maka Bukalapak akan mengembalikan uang pembeli. Di sini saya membeli pajangan mobil Baymax, karena lebih murah dibanding situs-situs lain meski tanpa diskon. Kelebihannya adalah keamanan transaksi, kekurangannya adalah kualitas produk belum tentu asli dan ada ongkir.

Nilai rekomendasi menurut saya : 7.5/10
Jenis Belanja Yang Cocok : Barang hobi atau barang kecil-kecil, yang tak harus asli atau merk ternama.
Pembayaran Kartu Kredit : Tidak Bisa

4. Tokopedia (https://www.tokopedia.com/)
Tokopedia kurang lebih sama dengan Bukalapak, mekanismenya juga sama, barang yang ditawarkan sama, bahkan penjualnya juga sama (1 penjual bisa berjualan di Bukalapak, di Tokopedia, di Kaskus, dan punya situs sendiri). Saya membeli Silica Gell dan kacamata renang di Tokopedia, barang cocok dengan spesifikasi yang ditawarkan. Kelebihan di keamanan transaksi, sedangkan kekurangan di jaminan kualitas barang dan adanya ongkir.

Nilai rekomendasi menurut saya : 7.5/10
Jenis Belanja Yang Cocok : Barang hobi atau barang kecil-kecil, yang tak harus asli atau merk ternama.
Pembayaran Kartu Kredit : Tidak Bisa

5. Elevania (http://www.elevenia.co.id/)
Situs milik operator XL ini memiliki konsep yang sama dengan Lazada, tapi produk yang ditawarkan tak selengkap itu dan sedikit produk dari merk terkenal. Di Elevania saya biasa membeli pulsa XL karena ada diskon 10-20%. Selain pulsa, pernah membeli helm Ink, karena di Lombok harga helm sangat mahal (akibat ongkir dari Jawa). Kelebihannya adalah banyak diskon, kekurangannya di jaminan pengiriman barang dan adanya ongkir.

Nilai rekomendasi menurut saya : 7.5/10
Jenis Belanja Yang Cocok : Cek harga ditambah ongkir, jika lebih murah dari situs lain, ambil.
Pembayaran Kartu Kredit : Bisa

6. Lazada (http://www.lazada.co.id/)
Situs jual beli Lazada merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia, jaringannya juga ada di luar negeri, dengan pilihan produk yang berbagai macam, nyaris semua produk ada. Di antara situs lain, Lazada adalah tempat berbelanja saya paling sering, mulai dari alat pengusir tikus (Extro), jam tangan, hingga Handphone. Secara umum sangat terpercaya, kalaupun terjadi kesalahan pengiriman, akan diganti dengan produk lain, seperti pengalaman teman saya yang HP-nya harus dikirim ulang oleh Lazada karena yang pertama dikirim tak kunjung sampai. Saya juga pernah mengalami refund karena produk yang saya beli ternyata tidak ada stoknya tapi sudah terlanjur ditagih. Kelebihan Lazada ada di jenis produk yang sangat banyak dan berbagai diskon yang ditawarkan, kelemahan mungkin adanya ongkir (meski ada produk yang bebas ongkir).

Nilai rekomendasi menurut saya : 8.5/10
Jenis Belanja Yang Cocok :  Alat elektronik dan keperluan rumah tangga
Pembayaran Kartu Kredit : Bisa, bahkan ada program cicilan.

7. Bhinneka (http://www.bhinneka.com/)
Situs Bhinneka awalnya mengkhususkan diri ke barang elektronik, tapi saat ini sudah berkembang menyediakan berbagai barang seperti pakaian dan sepatu. Bhinneka merupakan pengalaman berbelanja online pertama saya, saat itu untuk membeli kamera digital. Bhinneka dapat dipercaya untuk keaslian dan kualitas barang serta pengemasannya. Kelebihannya adalah ada gratis ongkir ke banyak kota di Indonesia (belanja minimal Rp300.000,00), sedangkan kelemahannya mungkin harganya lebih mahal dibanding situs kompetitor dan jarang ada diskon.

Nilai rekomendasi menurut saya : 9/10
Jenis Belanja Yang Cocok : Komputer dan Kamera
Pembayaran Kartu Kredit : Bisa, bahkan ada program cicilan.

8. Blibli (https://www.blibli.com/)
Blibli secara garis besar mirip dengan Lazada, cuma produknya lebih sedikit varian. Menjual berbagai macam barang, terutama pakaian dan sepatu dengan merk terkenal. Kelebihan utama Blibli adalah gratis ongkir tanpa ada batasan biaya. Terakhir saya membeli SD Card harganya cuma 70 ribu tak dikenakan ongkir pengiriman ke Praya, Lombok Tengah. Kelemahannya mungkin jarang diskon besar, jadi secara harga masih kalah dengan kompetitor.

Nilai rekomendasi menurut saya : 9/10
Jenis Belanja Yang Cocok : Jika di Lazada harganya sama, pilih Blibli. Gratis ongkir jadi pembeda.
Pembayaran Kartu Kredit : Bisa, bahkan ada program cicilan.

9. VIP Plaza (http://www.vipplaza.co.id/)
VIP Plaza menawarkan produk fashion  dengan merk ternama dan harga diskon (serta ekstra diskon bagi pengguna kartu kredit tertentu dan operator Telkomsel). Saya termasuk sering berbelanja di VIP Plaza, karena diskonnya memang menggiurkan. Kelebihannya ada di harga yang bisa diskon sampai 70% (bisa cek di situs lain harganya) serta bebas ongkir tanpa minimum belanja. Kekurangannya adalah produk terbatas, jadi terlambat sedikit maka barang habis. Katalog tiap hari jam 11 Pagi berganti. Rata-rata untuk 1 produk hanya ada 1 barang di 1 ukuran. Misal hanya ada 1 sepatu Nike Absolado Hijau ukuran 42, jika habis, maka pilih produk lain atau ukuran lain (andai muat).

Nilai rekomendasi menurut saya : 9.5/10
Jenis Belanja Yang Cocok : Produk fashion yang tak terlalu butuh segera, jadi cek katalognya setiap hari.
Pembayaran Kartu Kredit : Bisa


Selain situs-situs itu, masih banyak situs belanja online lain yang ada dan terjamin, seperti Zalora, cuma saya tak bisa menilai karena secara pribadi belum pernah menggunakan jasanya. Ada baiknya sebelum memutuskan belanja cek di internet (Google), apakah ada keluhan pelayanan dari situs tertentu atau penjual tertentu. Better safe than sorry. Untuk transaksi menggunakan kartu kredit, pastikan situs tersebut aman, terbukti dengan ada logo "verified by visa" sehingga data kartu kredit Anda aman.


Selamat berselancar di dunia maya!

6 comments:

  1. kalo blanja di vipplaza sama gak barangnya di katalog dengan yg asli udh sampe ditangan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kok...Selama ini udah beli dari yg murah2 sampe iphone di VIP dan ga pernah salah..mungkin udah lebih dari 20 transaksi di sana.

      Delete
  2. Halo, semua tolong berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, terjadi ditunjukan kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya Ingin saya akan bertemu orang yang tepat tetapi saya tidak.

    Allah menjadi Glory saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya ke Ibu Tracy Morgan, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin.

    jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. id emailnya tracymorganloanfirm@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan pada widayatarmuji@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Cek Harga iPhone 7 dari toko-toko online sebelum Belanja!Good Comment: Cobain deh kamu sebelum belanja cek harga dulu seperti iPhone atau Samsung Di Cek harga dari toko-toko online sebelum belanja id Karena disana terdapat range harga untuk perbandingan dan diskon menarik lainnya!Cek harga iPhone 7 dari toko-toko online sebelum belanjaCek harga Xiaomi dari toko-toko online sebelum belanja

    ReplyDelete
  4. Cobain deh kamu sebelum belanja cek harga smartphone dulu Di Cek harga iPhone 7 dari toko-toko online sebelum belanja id Karena disana terdapat range harga untuk perbandingan dan diskon menarik lainnya!

    Buat kamu yang lagi cari smartphone murah dengan diskon terbaik cobain deh kunjungi Cek harga iPhone 7 dari toko-toko online sebelum belanja id Karena disana membandingkan harga dari berbagaj toko-toko online

    Sebelum belanja Online cobain kamu bandingin dulu harganya di Cek harga Xiaomi dari toko-toko online sebelum belanja Karena disana memberi range harga dn diskon menarik dari berbagai toko online di Indonesia



    ReplyDelete