Saturday, July 19, 2014

Bulan Ramai!

Bulan ini bulan yang penuh berkah bagi umat muslim, karena menjalankan ibadah puasa dan menyambut hari raya Idul Fitri. Di bulan ini juga banyak topik yang ramai dibicarakan publik, yang ringan sampai yang super berat.

Topik ringan yang ramai dibahas seperti suhu udara yang sempat sangat dingin awal bulan ini, saya sendiri tak mampu mandi dengan air dingin tanpa menggigil. Beberapa teman bahkan mengurangi jatah mandi pagi sebelum berangkat kerja.

Kemenangan Jerman atas Argentina di final Piala Dunia 2014 mewarnai awal bulan ini. Saya yakin gol Goetze di pertandingan itu adalah gol terbaik sepanjang karirnya, tidak hanya menjadi gol kemenangan yang dicetak dengan indah, tapi gol itu melepas penantian panjang Jerman atas gelar juara dunia. Jerman yang selalu tampil baik di turnamen internasional sejak 2002 dan konsisten melahirkan pemain muda berbakat, akhirnya meraih buah dari kerja kerasnya. Tak ada prestasi yang instan.

Topik lain yang lebih berbobot adalah pemilu dan hasil hitung cepat yang berbeda di beberapa lembaga survei. Banyak pengguna FB menampilkan status bersyukur pemilu usai, karena yakin tak akan lagi FB dipenuhi status pendukung capres. Ternyata mereka salah, usai pemilu pun tetap ramai dengan kisruh hasil hitung cepat pilpres, bahkan sebuah stasiun tv jadi bulan-bulanan ejekan di media sosial karena keberaniannya tampil beda.

Topik berat yang juga rajin diangkat adalah perselisihan dan penyerangan Israel ke Palestina, konflik yang telah terjadi berabad-abad ini seperti tanpa akhir. Masyarakat Indonesia tampaknya sangat tergerak oleh isu ini sampai terjadi penggalangan dana dimana-mana, ajakan pergi langsung ke lokasi konflik, dan sebagainya. Ada juga pihak-pihak yang berpikir beda dan membahas sudut lain hal ini, misalkan nasib pengungsi bencana Sinabung yang tidak mendapat perhatian sebesar kejadian di Palestina, padahal jaraknya lebih dekat, dan perbandingan kasus dalam negeri lainnya.

Bulan ini memang ramai. Ditambah lagi tragedi ditembaknya pesawat Malaysia MH17 yang diduga dilakukan oleh teroris Rusia. Bahkan ada warga negara Indonesia yang ikut menjadi korban tragedi ini. Turut berduka cita.

Semoga keramaian di bulan ini tidak menunda pengumuman hasil pilpres 22 Juli nanti, dan umat muslim bisa melaksanakan ibadah puasa dan berlebaran dengan aman dan tentram. Jangan sampai juga menunda pencairan gaji ke-13 bagi PNS..hehe..

No comments:

Post a Comment